Perlukah Digital Marketing untuk UMKM?

 Perlukah Digital Marketing untuk UMKM?


Pemasaran usaha adalah salah satu segi yang pilih perkembangan usaha, tak terkecuali Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah atau UMKM. Namun, perlukah UMKM mengembangkan usaha dengan digital marketing? Simak di sini!



Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah atau yang kerap disebut dengan UMKM memiliki efek urgent terhadap perekonomian Indonesia. UMKM berperan besar didalam perekonomian terkecuali membawa tim pemasaran yang tepat. Salah satu langkah pemasaran UMKm yang tepat adalah dengan merambah ke pemasaran digital atau digital marketing.


Berdasarkan data Retail Dive, diketahui bahwa 87% pembeli akan melacak product online. Hal ini terhitung mendapat dukungan dengan makin lama berkembangnya teknologi.


Berikut ini sebagian alasan pentingnya UMKM menerapkan digital marketing sebagai trik pemasaran bisnis Forum digital marketing .


5 Alasan Pentingnya Digital Marketing untuk UMKM

katarsa-cara-pemasaran-digital-umkm

Sumber: Freepik.com


1, Meningkatkan angka penjualan

Jumlah pengguna internet di th. 2020 meningkat jadi 196,7 juta jiwa berdasarkan survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). Internet condong banyak digunakan untuk membuka media sosial.


Baca Juga: Social Media vs Website: Manakah yang Terbaik untuk UMKM?


Aplikasi media sosial ada merasa dari pesan instan hingga web site jejaring sosial menyebabkan para penggunanya dapat berinteraksi dan berkomunikasi. Media sosial dapat menolong usaha anda menyebarkan Info mengenai product yang anda tawarkan. Hal itu pastinya dapat tingkatkan angka penjualan bisnismu.


2. Lebih enteng mendatangkan calon pelanggan

Zaman dahulu, melacak Info mengenai product atau usaha UMKM tidaklah mudah. Namun, kini seiring berkembangnya teknologi, Info mengenai usaha dapat didapatkan dari media sosial. Cukup dengan ponsel, para pelanggan dapat melacak menyadari Info bisnismu. Oleh gara-gara itu, digital marketing harus digunakan oleh UMKM untuk memudahkan calon pelanggan menyadari product atau layanan bisnismu.


3. Promosi dari bermacam channel 

Dengan memakai digital marketing, usaha anda akan dipasarkan di bermacam channel. Artinya, brand awareness bisnismu akan dikenal di YouTube, Instagram, Twitter, dan Facebook. Hal itu menyebabkan usaha dan penjualan product anda meningkat pesat.


Baca Juga: Katarsa: Dukung UMKM Go Digital melalui Edukasi Content 


4. Mampu menganalisis kompetitor

Kompetitor usaha pastinya tetap bermunculan. Dengan pemasaran digital, anda dapat menganalisis dan berinovatif untuk memenangkan persaingan bisnis. Cara yang dapat anda melaksanakan sesudah menganalisis kompetitor adalah menciptakan ketertarikan pelanggan terhadap product yang ditawarkan.


5. Return on investment (ROI) lebih terukur

Bagi pelaku usaha maupun UMKM, penghitungan ROI amat diperlukan, khususnya untuk mengukur modal usaha, profit, dan pengeluaran keuangan bisnis. Dengan digital marketing, anda dapat pilih ROI anda sendiri. Matriks yang harus ada didalam penentuan ROI digital marketing adalah profit, prospek dan buyer, data, awareness, dan traffic.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Pemain Sepak Bola Menjadi Bugar dan Cepat

Mendukung UMKM dalam Ekspor Impor melalui Pelatihan Kepabeanan

Hukum Aqiqah Dalam Islam